Diet Terbaik Untuk Divertikulitis

Kita sering mengalami sakit perut terutama jika kita makan berlebihan atau sedang stres; Namun, jika gejalanya sering terjadi, mungkin sudah saatnya Anda mengunjungi dokter keluarga untuk kondisi apa pun yang mungkin Anda alami. Bagi orang yang berusia 40-an, salah satu masalah kesehatan umum yang dihadapi adalah divertikulitis. Divertikulitis adalah suatu kondisi di mana kantong atau divertikula terbentuk di lapisan dinding usus. Bagi sebagian orang, kasus ringan dapat diobati dengan istirahat, modifikasi gaya hidup, dan antibiotik. Yang mengatakan, gejala persisten akan berarti perawatan yang berbeda atau bahkan operasi untuk pasien yang terlibat.

Tanda dan gejala

Orang yang memiliki divertikula pada lapisannya mungkin tidak mengalami rasa sakit sama sekali; namun beberapa orang, terutama jika divertikula meradang, dapat mengalami mual, demam, sembelit / diare dan nyeri tekan di sisi kiri perut.

Penyebab divertikula tidak diketahui. Beberapa berspekulasi bahwa ada beberapa titik lemah di daerah usus besar, yang memberi jalan ketika ditekan dan risikonya meningkat seiring bertambahnya usia. Selain penuaan, kondisi ini juga mempengaruhi perokok, penggunaan obat-obatan tertentu, gaya hidup tidak aktif dan konsumsi makanan yang tinggi lemak hewani tetapi kadar seratnya lebih rendah.

Diet Terbaik untuk Penderita Divertikulitis

Pasien dengan kasus ringan divertikulitis mungkin mendapat manfaat besar dari memodifikasi asupan makanan mereka termasuk beralih ke diet yang kaya serat. Serat sangat ideal karena membantu limbah tubuh untuk bergerak melewati area usus dan usus besar dengan cepat.

Contoh makanan kaya serat termasuk makanan bertepung dengan kandungan serat tinggi seperti beras merah, pasta, roti pita, roti cokelat, naan dan seluruh makanan. Anda juga bisa memasukkan sereal sarapan seperti muesli, bubur, abon, dan dedak ke dalam makanan. Sayuran yang kaya serat termasuk kentang, wortel, kacang polong, dan bahkan kecambah Brussel. Kacang-kacangan juga kaya serat dan dulunya tidak termasuk dalam makanan karena biji-bijian kecil mungkin terperangkap dalam kantong; Namun tidak ada bukti ilmiah dan karena itu ini juga termasuk dalam makanan. Kacang almond, kacang campuran, dan kacang tanah biasa memiliki kandungan serat yang tinggi.

Dalam kasus tertentu, dokter juga dapat merekomendasikan diet cair terutama jika seseorang mengalami serangan. Diet cairan bening dapat terdiri dari asupan kaldu atau kaldu, agar-agar, es yang muncul bersama buah-buahan atau kacang-kacangan, air dan teh atau kopi.

Informasi yang diberikan hanya untuk tujuan informasi, dan tidak boleh digunakan atau diandalkan untuk tujuan diagnostik atau perawatan. Informasi ini tidak dimaksudkan sebagai pendidikan pasien, tidak menciptakan hubungan pasien-dokter, dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti untuk diagnosis dan perawatan profesional.

Last updated: December 8, 2019

Comments

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *